Beranda > CERITA > GATOTKACA SEKONGKOL

GATOTKACA SEKONGKOL

Farouq Gumm,orang Arab yang baru tau kalo di kawasan Cipayung juga banyak orang Arab. Die dateng mau seneng-seneng. Kaye nyang laen,Farouq Gumm,juga kawin kontrak,emang rada lamaan setaon,kerne die punye bisnis. Baru sebulan tinggal di kampung Cikangkolang.waktu pulang dari Jakarta die kaget. Seisi rumenye ludes digondol maling dan bini kontrakkannye cuman bisa nangis.

Searian ngelamun,Farouq Gumm denger ade hajatan dan hiburan dikampung ntu. Die tanya-tanya,hiburannye ape? Penduduk situ bilang Wayang Golek. Manggut-manggut gak ngerti,Farouq Gumm rencane mau nonton sekalian kondangan. Tapi die bilang ame bini kontrakkannya kalo die ntar mau nonton wayang golek.

Jadi abis kondangan, bininye pulang,Wan Farouq nonton wayang.. ampe lewat tenge malem,Wan Farouq kagum ame wayang nyang namenye Gatot Kaca.Kerne tuh jagoan kagak kalahnye, menang terus lawan siape aja. Kerne rade ngantuk jem 2, Wan Farouq pulang sembari pikirannya nerawang soal Gatot Kaca. Pagi jem sembilan bangun tidur die begegas ketempat nyang punya hajat semalem. Die omong “Bafak..dimana itu tukang dalang yang mainkan semalam punya wayang,tinggal”. Tuan rumah minta keponakannya anterin ke rumah dalang wayang golek. Gak jau emang dikampung Cilengotan.

Sampe rumah dalang.Wan Farouq langsung masup “salamualaikum..bafak dalang..afa sudah bangun” Dalang kucek-kucek mata bangun dan temui wan Farouq “ehh wan.. apa kabar”. Wan Farouq balas “kabar baik,tidak usah banyak kalam,ana datang mau beli itu si Gato Kaca” Dalang bingung dan bilang “tidak bisa wan..kalo sewa boleh,tapi saya tidak jual wayang” Penasaran,wan Farouq tanya lagi “Kalau sewa berafa?” Dalang bilang “dua juta rupiah wan”. Wan Farouq senyum dan bilang “Begini saja,ana ferlu Gatot Kaca,bagaimana kalau ana beli saja itu Gatot Kaca dua juta” Dalang kaget, tapi die inget kalo panggilan ngedalang masih sembilan ari lagi dan dia setuju aja jual Gatot Kaca-nya. Wan Farouq girang dipegangin aja Gatot Kaca itu sampe rumah. Sesampenye di rumah,kerna ude direncanain, Wan Farouq ame bini kontrakannye belanja buat ngisi rumah lagi kerne besok die bedua mau ke Bandung.

Keesokan hari,sebelum Wan Farouq jalan,die tancepin Gatot Kaca di pas kembang di meja ruang tamu.Dua hari jalan-jalan di Bandung,Wan Farouq kembali kerumahnya dan kaget alang kepalang. Ternyata rumahnya kembali dibersihkan rampok,yang tersisa cuma Gatot Kaca diri di pas kembang. Wan Farouq marah besar, sambil dicabut dari pas kembang, Gatot Kaca dibanting “ente emang keliwatan, fan ana sudah bilang buat jaga ini rumah..tafi ramfook datang nte diam saja” Wan Farouq banting dan banting lagi sampe Gatot Kaca patah-patah…dia teriak “jangan-jangan ente sekongkol sama kumfulan ramfoooook”

Tenabang,Januari 2010-Faray/EMKA

( Ahmad Mathar Kamal )

Kategori:CERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: